Yang Wajib Di Ketahui Tentang Bitcoin


Sebelumnya aku sudah menjelaskan tentang apa itu bitcoin. Kali ini aku jelaskan lebih dalam tentang bitcoin itu.

Beberapa Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bitcoin

Jika Anda baru saja akan menjelajahi lebih dala tentang Bitcoin, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Bitcoin memungkinkan Anda untuk menukar uang dengan cara yang lain dari bank biasanya. Dengan demikian, Anda harus meluangkan waktu untuk belajar sebelum menggunakan Bitcoin untuk transaksi penting apapun. Bitcoin haruslah diperlakukan sama seperti Anda memperlakukan dompet Anda, atau bahkan lebih hati-hati dalam beberapa kasus.

Mengamankan dompet Anda
Dalam dunia nyata, dompet Anda haruslah diamankan. Bitcoin memungkinkan Anda untuk melakukan transfer ke mana saja dengan cara yang sangat mudah serta memungkinkan Anda untuk mengendalikan uang Anda. Fitur hebat itu juga datang bersama dengan perhatian yang tinggi atas keamanan. Bitcoin menyediakan tingkat keamanan yang sangat tinggi jika digunakan secara benar. Selalu ingat bahwa merupakan tanggung jawab Anda untuk melakukan langkah-langkah pengamanan yang baik dalam rangka melindungi uang Anda.

Harga Bitcoin mudah berubah
Harga Bitcoin dapat naik atau turun secara tak terduga selama periode waktu yang singkat dikarenakan oleh ekonominya yang masih muda, baru, dan pasar yang terkadang tidak cair. Sebagai konsekuensi, saat ini Anda tidak direkomendasikan untuk menabung dalam bitcoin. Bitcoin sebaiknya dipandang sebagai aset yang berisiko tinggi, dan Anda tidak boleh menyimpan terlalu banyak uang yang berisiko hilang dengan Bitcoin. Jika Anda menerima pembayaran dengan Bitcoin, banyak penyedia jasa yang memungkinkan Anda untuk menukarnya secara instan ke mata uang lokal Anda.

Pembayaran Bitcoin tidak dapat dibatalkan
Setiap transaksi yang Anda lakukan dengan Bitcoin tidak dapat dibatalkan, dana hanya bisa dikembalikan oleh penerima dana tersebut. Itu berarti Anda harus berhati-hati untuk melakukan bisnis hanya dengan orang atau organisasi yang Anda ketahui dan percayai, atau mereka yang telah memiliki reputasi yang baik. Di sisi lain, pemilik bisnis perlu mengontrol permintaan pembayaran yang diperlihatkan kepada pelanggan. Bitcoin dapat mendeteksi kesalahan ketik dan biasanya tidak mengizinkan Anda untuk mengirim uang ke alamat yang salah tanpa sengaja. Layanan tambahan bisa dibuat di kemudian hari untuk memberikan lebih banyak pilihan dan pengamanan bagi konsumen.

Bitcoin tidak anonim
Diperlukan beberapa usaha untuk melindungi privasi Anda dengan Bitcoin. Semua transaksi Bitcoin disimpan secara umum dan permanen pada jaringan, yang berarti siapapun dapat melihat saldo dan transaksi dari alamat Bitcoin siapapun. Bagaimanapun juga, identitas pemilik alamat tetap dirahasiakan, baru kemudian diberitahukan saat dilakukan pembelian atau dalam situasi lainnya. Inilah salah satu alasan mengapa alamat Bitcoin sebaiknya hanya digunakan sekali saja. Merupakan tanggung jawab Anda untuk melakukan tindakan-tindakan pengamanan privasi Anda.

Transaksi instan kurang aman
Transaksi Bitcoin biasanya dilaksanakan dalam beberapa detik dan akan mulai dikonfirmasi dalam 10 menit berikutnya. Selama waktu itu, sebuah transaksi yang dianggap otentik tetap dapat dibatalkan. Pengguna yang tidak jujur bisa berusaha curang. Jika Anda tidak dapat menunggu hingga dikonfirmasi, Anda dapat meningkatkan keamanan dengan meminta biaya transaksi yang kecil atau menggunakan sistem pendeteksi transaksi yang tidak aman. Untuk jumlah yang besar seperti 1000 dolar AS, sebaiknya menunggu hingga 6 konfirmasi atau lebih. Setiap konfirmasi secara eksponensial memperkecil risiko pembatalan transaksi.

Bitcoin masih bersifat uji coba
Bitcoin adalah uji coba mata uang baru yang masih dalam pengembangan aktif. Meskipun seiring waktu dan bertambahnya penggunaan Bitcoin menjadi semakin matang, perlu diingat bahwa Bitcoin adalah penemuan baru yang menjelajahi ide yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dengan demikian, masa depan Bitcoin tidak bisa diprediksi oleh siapapun.

Pajak pemerintah dan peraturan-peraturan
Bitcoin bukanlah mata uang resmi. Artinya, sebagian besar negara masih meminta Anda untuk membayar pajak pendapatan, penjualan, penggajian, dan pajak keuntungan modal atas apapun yang memiliki nilai termasuk bitcoin. Merupakan tanggung jawab Anda untuk memastikan bahwa Anda mematuhi pajak dan aturan hukum lainnya ataupun kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Anda dan/atau pengambil kebijakan di daerah Anda.
Seperti di indonesia. Bitcoin bukanlah mata uang yang sah, dan resiko di tanggung pemilik bitcoin itu sendiri.